Type something and hit enter

On
Seperti yang sudah kami sampaikan melalui tulisan atau artikel sebelumnya tentang kisi-kisi Tes Kompetensi Bidang CPNS 2018 dari BKN, tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada seleksi CPNStahun ini tidak wajib diselenggarakan melalui tes dengan menggunakan sistem CAT BKN.

Melainkan bisa dengan jenis-jenis tes lain, misalnya Wawancara.

Kemungkinan besar, sebagian besar Pemerintah Daerah maupun Pusat akan menerapkan metode Wawancara sebagai salah satu jenis Tes Kompetensi Bidang. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelamar CPNS untuk mempersiapkan diri mengikuti tahap seleksi ini.

Meskipun sering dianggap remeh, namun tak sedikit pelamar-pelamar kerja (tak terkecuali CPNS) yang bisa gagal dalam tahap wawancara kerja.

Wawancara-Kerja-Seleksi-CPNS-2018

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang gagal saat wawancara kerja. Umumnya karena kurangnya persiapan sebelum menghadapi wawancara tersebut (baik secara fisik, mental, dan pengetahuan), sehingga mengalami grogi atau perasaan malu yang berlebihan saaat menghadapi wawancara.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah kiat-kiat yang dapat anda lakukan agar tidak grogi atau malu saat menghadapi Wawancara CPNS nantinya:


#1 Persiapan Yang Matang

Sebelum mengikuti tahap wawancara CPNS 2018, sebaiknya kamu membuat persiapan sebaik-baiknya dengan menguasai bidang atau formasi CPNS yang dilamar. Khusunya terkait kisi-kisi yang sudah kami sampaikan melalui link kisi-kisi Tes Kompetensi Bidang CPNS 2018 dari BKN.

Kamu juga harus menambah pengetahuan terkait formasi yang kamu lamar. Misal, jika jika kamu melamar diformasi guru, maka cari tahu tentang pendidikan atau guru di intansi tempat kamu melamar, seperti jumlah sekolah, angka anak putus sekolah, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum yang mungkin akan ditanyakan ketika wawancara, misalnya:

  • Nama jajaran pimpinan instansi tersebut, misal jika pemerintah daerah, siapa nama Gubernur/ Bupati/ Walikota /Sekda.
  • Sejarah lahirnya instansi tersebut, misal UU pembentukannya, tahun berapa, dan lain-lain.

#2 Istirahat Yang Cukup

Sebelum mendatangi kantor tempat pelaksanaan Wawancara CPNS 2018, pastikan kamu memiliki cukup tenaga dan perasaan tenang serta segar. Dan ini semua bisa kamu peroleh dengan beristirahat yang cukup. Sehingga ketika wawancara, kamu tidak akan merasa tegang dan khawatir yang berlebihan.


#3 Jangan Lupa Berdoa

Sebelum berangkat ke tempat seleksi wawancara CPNS, jangan lupa untuk berdoa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi ketenangan dan tidak gugup ketika diwawancarai. Sebab, kegiatan spritual akan menambah rasa percaya diri dan keyakinan bahwa apa yang akan kamu lakukan akan berjalan lancar dan sukses.


#4 Berpakaian Rapi dan Menarik

Pada dasarnya, semua instansi Pemerintah sangat menyukai penampilan CPNS yang rapi dan menarik. Jadi, pertama kamu harus menggunakan pakaian sesuai ketentuan instansi dan pastikan pakaian kamu tersebut tidak kusut/ kucel, disetrika dengan rapi. Jangan lupa menggunakan parfum agar pewawancara kamu merasa nyaman (tapi jangan berlebihan).

Kamu sebaiknya jangan menggunakan perhiasan atau aksesoris yang berlebihan. Karena biasanya banyak pewawancara yang tidak menyukai hal tersebut.


#5 Hadir Tepat Waktu

Tidak ada alasan bagi peserta seleksi CPNS untuk terlambat datang ke tempat wawancara. Jadi hindari datang terlambat, karena bisa menimbulkan kesan buruk terhadapmu. Paling parah, mungkin kamu akan langsung dianggap gugur.

Sebaiknya datang, 30 atau 15 menit sebelum wawancara dimulai. Jeda waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan persiapan-persiapan kecil, seperti menyesuaikan diri dengan kondisi saat itu, atau sekedar untuk membuat catatan-catatan kecil untuk menyegarkan otak kamu kembali.


#6 Berikan Kesan Yang Baik

Sopan santun adalah kunci utama dalam sebuah wawancara kerja. Berikan sapaan yang hangat kepada siapapun yang anda temui. Saat masuk keruang wawancara, jangan lupa tersenyum dan mengucapkan salam kepada pewawancara. Sebelum duduk, ada baiknya kamu menawarkan jabat tangan kepada pewawancara.

Sikap baik yang kamu perlihatkan di detik-detik awal wawancara akan menimbulkan kesan yang baik terhadap keperibadianmu.


#7 Bersikaplah Percaya Diri, Fokus, dan Menjadi Diri Sendiri

Saat wawancara dimulai, kunci suksesnya adalah kualitas dan kemampuan kamu dalam menyampaikan respon terhadap setiap pertanyaan pewawancara. Tentu, tujuan kamu di sini adalah harus menjadi diri sendiri dan menjawab dengan benar semua pertanyaan.

Pada saat yang sama, tujuan kamu juga untuk diterima sebagai CPNS. Jadi, harus fokus terhadap semua respons yang kamu berikan yang menunjukan kemampuan, pengalaman, serta kecocokan terhadap pekerjaan dan instansi tersebut.

Hindari respons yang panjang dan bertele-tele yang membuat bosan pewawancara.

Sebagai PNS, kamu juga harus memberikan jawaban yang lugas dan tegas jika pewawancara menanyakan hal-hal yang prinsif jika kamu diterima sebagai PNS. Misalnya, jika ditanya apakah kamu siap ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia?
Jawab dengan tegas bahwa kamu "SIAP"

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu, digunakan pewawancara untuk melihat keseriusan dan kesediaanya kamu sebagai PNS. Bukan patokan bahwa dimana kamu akan ditempatkan.

Terakhir,
Persiapkan Diri, Berpikir Positif, Lawan Rasa Takut Menghadapi Wawancara.

Mempersiapkan diri dengan baik tidak akan menipu hasil yang akan Anda dapatkan saat menghadapi wawancara kerja. Dengan persiapan diri yang matang, maka Anda akan lebih percaya diri untuk mengikuti wawancara CPNS dan dapat menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Anda juga dapat mengisi pikiran dengan hal-hal yang positif, sehingga tidak membuat anda stres dan khawatir yang berlebihan.

Click to comment