Type something and hit enter

On
Berdasarkan data dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, terhitung hingga tanggal 12 November, Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 yang dinyatakan lulus atau memenuhi Passing Grade hanya sebanyak 128.236 orang atau kurang dari 10% dari 1.724.990 orang yang mengikuti SKD.

Padahal, jumlah peserta yang diperlukan untuk mengikuti tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) minimal tiga kali jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan.



Melihat situasi ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan kebijakan baru untuk mengantisipasi kekosongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kebijakan tersebut sangat diperlukan agar kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saat ini masih dalam penyusunan, dan diharapkan minggu depan PermenPANRB sudah ditandatangani" ujar Menteri PANRB Syafruddin dihadapan wartawan di Jakarta (selasa, 13/11).



Menteri menjelaskan, hingga saat ini peserta seleksi CPNS yang lolos tahapan seleksi atau memenuhi Passing Grade yang telah ditetapkan pemerintah sangan minim. Tetapi Syafruddin menekankan bahwa peserta SKD CPNS yang tidak berhasil memenuhi Passing Grade bukan berarti telah gagal. Saat ini Panselnas sedang melakukan evaluasi dan dalam waktu dekat akan diumumkan solusinya.

"Panselnas saat ini sedang menyikapi perkembangan yang ada untuk mengambil langkah-langkah terbaik untuk memenuhi kebutuhan negara. Yang jelas langkah yang akan diambil tidak akan merugikan, bahkan akan menguntungkan semua pihak" kata Syafruddin.



Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jendral Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji juga menambahkan bahwa peserta yang sudah lulus Passing Grade tidak perlu khawatir.
"Yang sudah lulus diawal, tetap kita lindungi. Jangan khawatir. Mereka tetap ikut SKB." ujarnya.

Sesuai Peraturan PANRB No. 36 Tahun 2018 tentang Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018, SKD memiliki bobot 40 %, sedangkan bobot SKB 60%.

Sumber: HUMAS PANRB
https://menpan.go.id/site/berita-terkini/antisipasi-minimnya-peserta-lolos-skd-cpns-pemerintah-siapkan-solusi-kebijakan
[diakses 14 November 2018 pukul 11.47 WITA]

Click to comment