Type something and hit enter

On
Tahap seleksi CPNS 2018 telah memasuki babak-babak akhir. Setelah melewati Tes Kompetensi Dasar (TKD), selanjutnya pelamar CPNS harus menyelesaikan satu tahapan seleksi lagi, yakni Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta seleksi terkait bidang pekerjaan yang dilamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.

Kepala BKN, Bima Arya W saat diwawancara oleh Wartawan

Seberapa Pentingkah Tes Kompetensi Bidang (TKB) ?

Jawabannya, SANGAT PENTING.

Karena sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018, bobot nilai TKB sebesar 60 % dalam menentukan kelulusan peserta seleksi CPNS. Sedangkan, Tes Kompetensi Dasar (TKD) hanya memiliki bobot nilai 40%.

Jadi, bisa disimpulkan hasil seleksi Tes Kompetesi Bidang memiliki dominasi dalam menentukan kelulusan peserta seleksi CPNS 2018. Sehingga, peserta seleksi CPNS yang sudah dinyatakan lolos dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) agar jangan cepat berpuas diri dan merasa sudah pasti lolos menjadi CPNS.


Kisi-Kisi Materi Tes Kompetensi Bidang

Menjelang persiapan pelaksanaan TKB, tentu sangat banyak peserta seleksi CPNS yang mempertanyakan jenis-jenis soal yang akan keluar dalam tes tersebut, atau apa saja materi-materi yang perlu untuk dipelajari.

Untuk itu, kisi-kisi atau lebih jelasnya petunjuk terkait jenis-jenis materi atau soal yang akan muncul dalam Tes Kompetensi Bidang sebenanya telah disampaikan oleh pihak BKN melalui akun media sosial facebook mereka.

Sebuah postingan akun Facebook BKN tanggal 8 November 2018 (pukul 18.13 WIB) telah memberikan sedikit "bocoran" mengenai kisi-kisi soal Tes Kompetensi Bidang yang akan diujikan. Berikut adalah screenshot  dari postingan tersebut:

Salah satu postingan di akun FB BKN. Lihat Sumber
Kurang lebih, inti dari postingan tersebut adalah:


  • Soal Seleksi Kompetensi Bidang bagi Jabatan Fungsional tidak akan jauh-jauh dari isi Permen PANRB yang mengatur tentang Jabatan Fungsional tersebut. Misalnya, soal SKB bagi Jabatan Fungsional Guru adalah seputar isi Permen PANRB nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  • Bagi pelamar Jabatan Pelaksana, soal SKB yang akan muncul adalah seputar isi dari Permen PANRB nomor 25 Tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana. 

Jadi, sebagai persiapan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang, pelamar sangat dianjurkan untuk mencari dan mempelajari Permen PANRB terkait jenis jabatan CPNS yang dilamar.

Jenis-Jenis Tes Kompetensi Bidang

Dalam Permen PAN RB nomor 36 Tahun 2018, tahap seleksi Kompetensi Bidang telah dijelaskan secara terperinci.

Adapun beberapa ketentuan seleksi kompetensi bidang yang perlu Anda ketahui sesuai isi Permen PANRB tersebut adalah :
  1. Materi Seleksi Kompetensi Bidang pada Instansi Pusat selain dengan CAT dapat berupa: tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan sekurang-kurangnya 2 (dua) jenis tes.
  2. Materi Seleksi Komptensi Bidang untuk jenis formasi Olahragawan Berprestasi Internasional menggunakan wawancara.
  3. Instansi Daerah yang menyelenggarakan seleksi kompetensi bidang tambahan selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang dan menyampaikan kepada Menteri PANRB dengan tembusan Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana PANSELNAS, sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dimulai.


Seleksi Kompetensi Bidang akan dilakukan melalui sistem CAT BKN. Namun, dimungkinkan juga bahwa seleksi Kompetensi Bidang dilaksanakan melalui jenis tes yang lain, misalnya Wawancara.

Baca juga :
35 Pertanyaan Wawancara seleksi CPNS yang biasa ditanyakan dan Solusi Menjawabnya.

Bagi peserta CPNS yang sudah berhasil melalui seleksi kompetensi dasar, sekarang sudah saatnya teman-teman mempersiapkan diri menghadapi tahap seleksi selanjutnya, yakni Tes atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Jangan cepat berpuas diri sebelum NIP Anda keluar secara sah. !!!

"Ingat, saat anda berleha-leha atau asyik tidur hari ini, ratusan ribu pesaing anda sedang mempersiapkan diri."

Untuk membantu teman-teman, berikut beberapa contoh soal SKB CPNS yang bisa teman-teman jadikan sebagai latihan soal untuk persiapan yang lebih matang.

Click to comment